Sponsor

Gelandangan atau sering juga di sebut sebagai Tunawisma untuk warga negara Indonesia pasti tak asing lagi, begitu terkenalnya mereka sampai sampai hampir 85% kira* warga indonesia mengenalnya, namun dibalik keterkenalannya dia ada yang peduli kepadanya ada juaga yang tak peduli, sekarang saya bertanya-tanya, malaikat apa sih "gelendangan" itu?

Gelandangan atau Tunawisma adalah orang/manusia yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap dan berdasarkan berbagai alasan harus tinggal di bawah kolong jembatan, taman umum, pinggir jalan, pinggir sungai, stasiun kereta api, atau berbagai fasilitas umum lain untuk tidur dan menjalankan kehidupan sehari-hari. Sebagai pembatas wilayah dan milik pribadi, tunawisma sering menggunakan lembaran kardus, lembaran seng atau aluminium, lembaran plastik, selimut, kereta dorong pasar swalayan, atau tenda sesuai dengan keadaan geografis dan negara tempat tunawisma berada.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seringkali hidup dari belas kasihan orang lain atau bekerja sebagai pemulung. Nah untuk itu kita yang beruntung dari mereka memiliki tempat tinggal yang layak dan lain sebagainya, harus ikut prihatin dan memikirkan nasib mereka setidaknya kalau ngga memberi barang, doa-doa saja bisa kan :) Nah sekarang kita baca yuk Puisi yang menggambarkan prihatinnya seorang Gelandangan !


GELANDANGAN

rumahku di tepi jalan berpagarkan keramaian beratapkan awan
menepi ku disudut jalan. . .
membuat sebuah harapan selurus jalanan yang menghitam

mengais rezeki lewat untaian tangan
kadang ku bernyanyi ditengah jalan
dihentian mobil mewah yang beraturan

kerasnya dunia. . .
membuat aroma khas tubuhku yang kusam
jauh dari bersih dan bersahabat dengan sisa - sisa

akulah gelandangan
berangkat dari kisah kelam berhenti disetiap persimpangan
meski citaku indah
tapi hanya ada dalam angan yang tak mungkin terkisahkan.

untukmu sahabat
pandanglah aku ditepian
seorang gelandangan yang menyongsong hidup dengan senyuman
membakar semangat disepanjang jalan.

Terimakasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel Puisi lainnya, semoga bermanfaat, dan jangan lupa doa kan mereka-mereka yang kurang beruntung dalam hidupnya atau lebih-lebih kita bantu mereka dengan memberika sedikit dari miliaran uang kita :) ok ;)
 
Top